Jumat, 11 Oktober 2013

Talkshow bersama penulis Darwis Tere Liye

Bercerita dan berbagi pengalaman dengan orang yang berkopetensi dibidangnya memang menyenangkan, banyak ilmu yang bisa kita ambil. Hal itu juga saya rasakan ketika ikut talkshow bersama Darwis Tere Liye, seorang penulis yang berpengalaman. Buku-buku fiksi yang beliau tulis sangat menginspirasi pembaca. Lebih kurang sudah 16 judul buku novel fiksi yang sudah diterbitkan, bahkan dalam satu judul ada yang sudah dicetak berulang kali.
                Talkshow ini di angkatkan oleh UKK UNP pada tanggal 10 Oktober 2013, di Auditorium Prof. Dr. Kamaluddin FE UNP. Dengan tema “Untaian Cinta Dari Sebuah Pena”, berbagai motivasi (terutama mengenai menulis) disampaikannya.

Diantara motivasi yang disampaikan, ada beberapa poin yang dapat saya tangkap yaitu:
  • Kenapa kita harus menulis? Karena menulis adalah menebar buah-buah kebaikan. Apapun bisa kita tulis dan bisa dibagikan ke orang lain.
  •  Menulis sama halnya dengan mengukir sejarah. Banyak menulis maka akan banyak juga yang akan dikenang. Misalnya, ulama-ulama dahulu dikenal banyak orang karena banyak tulisannya (buya Hamka contohnya, buku-bukunya banyak).
  • Untuk menulis sesuatu, kita tidak harus cari kata-kata “wah” dulu. Ikuti saja kata-kata yang mengalir dalam fikiran kita.
  • Bagaimana caranya agar kita selalu semangat, apa motivasinya?  Tidak semangat itu sesuatu yang wajar, tapi jangan berlama-lama. Motivasi untuk selalu semangat itu ibarat jin yang ada dalam lampu ajaib aladin. Jin dalam filmnya aladin bisa dipanggil kapanpun dibutuhkan, tinggal menggosok lampunya saja. Nah, begitu juga dengan kita, kita bisa panggil motivasi-motivasi yang bisa kita jadikan penyemangat. Hadirkanlah motivasi ketika kita tidak semangat menghadapi sesuatu. Intinya, sejauh mana usaha kita memanggil dan mencari motivasi yang tepat (ingat, yang tepat ya...). Banyak hal yang bisa kita jadikan motivasi untuk menyemangati diri.
  • Jika kita tidak percaya diri, maka orang lain tidak akan percaya kepada kita.
  • Tulis saja apa yang ingin kita tulis, jangan pedulikan apakah akann dibaca orang atau tidak, apakah akan diterbitkan atau tidak. Disukai atau tidak, bodoh amat...

Itu... 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
;